download

Search
Close this search box.

Apa Itu Blue Ocean Strategy? Ini Penjelasan Lengkapnya

Blue Ocean Strategy (Strategi Samudera Biru) merupakan suatu pendekatan dalam bidang bisnis yang bertujuan untuk menciptakan ruang baru yang terbebas dari persaingan yang sengit atau “samudera merah” dengan cara menemukan dan mengembangkan pasar yang belum dipenuhi atau belum ada. Strategi ini diperkenalkan oleh W. Chan Kim dan RenĂ©e Mauborgne melalui buku berjudul “Blue Ocean Strategy: How to Create Uncontested Market Space and Make the Competition Irrelevant” yang diterbitkan pada tahun 2005.

1. Pendahuluan

Pelaku bisnis pada umumnya berlomba-lomba untuk bersaing di pasar yang telah mapan dan jenuh. Persaingan ini menciptakan samudera biru yang sudah dipenuhi oleh banyak pemain yang berusaha untuk mendapatkan pangsa pasar yang terbatas. Blue Ocean Strategy hadir untuk mengubah paradigma tersebut dengan mencari ruang baru yang belum dimanfaatkan oleh pemain lain di pasar. Dengan demikian, perusahaan dapat menciptakan perkembangan dan pertumbuhan yang inovatif serta dapat mengontrol kompetisi.

2. Definisi Blue Ocean Strategy

Blue Ocean Strategy mengacu pada “menciptakan ruang pasar yang tak terpengaruh oleh persaingan”. Pendekatan ini memungkinkan perusahaan untuk mengidentifikasi dan menciptakan pasar baru yang belum dimanfaatkan, sehingga pesaing tidak dihadapkan pada situasi persaingan langsung. Dalam samudera biru ini, perusahaan dapat menentukan aturan permainan tanpa harus memperhatikan pesaingnya.

3. Penjelasan Lengkap

Blue Ocean Strategy melibatkan konsep berpikir yang inovatif dan pengungkapan ide-ide baru yang menghasilkan keunggulan kompetitif yang unik. Pendekatan ini mencakup empat langkah penting, yaitu pembuatan ruang pasar, pencarian peluang, penentuan target, dan pembuatan nilai yang inovatif. Pertama, perusahaan harus mengidentifikasi atau menciptakan peluang pasar baru untuk menghindari persaingan langsung. Selanjutnya, perusahaan harus menentukan target segmen pasar yang spesifik untuk menjangkau konsumen yang diabaikan oleh pemain lain. Setelah itu, perusahaan harus memperhatikan penciptaan nilai yang inovatif untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang belum terwujud.

Blue Ocean Strategy juga melibatkan empat langkah aksi, yaitu menghilangkan, mengurangi, meningkatkan, dan menciptakan. Perusahaan harus menghilangkan faktor-faktor yang tidak penting, mengurangi elemen yang tidak efisien, meningkatkan elemen yang penting, dan menciptakan elemen baru yang dapat memberikan nilai tambah untuk konsumen. Dengan mengikuti langkah-langkah ini, perusahaan dapat membangun strategi yang unik dan memenangkan persaingan di dalam samudera biru.

4. Kenapa Blue Ocean Strategy Penting Dipahami?

Memahami Blue Ocean Strategy sangat penting bagi perusahaan karena strategi ini memungkinkan perusahaan untuk menciptakan pasar baru yang belum dimanfaatkan. Dengan adanya Blue Ocean Strategy, perusahaan dapat menghindari persaingan langsung dengan pesaing, sehingga dapat mengurangi risiko dan menciptakan keunggulan kompetitif yang sulit untuk ditiru oleh pesaing. Selain itu, Blue Ocean Strategy juga dapat membantu perusahaan untuk menciptakan inovasi yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang belum terpenuhi sebelumnya.

5. Manfaat Memahami Blue Ocean Strategy

Membiasakan diri dengan Blue Ocean Strategy memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, di antaranya:

a. Menciptakan pasar baru yang belum dimanfaatkan

b. Menghindari persaingan langsung dan risiko yang terkait

c. Membangun dan mempertahankan keunggulan kompetitif

d. Menciptakan diferensiasi produk atau jasa

e. Menghadirkan inovasi dan perubahan yang signifikan

6. Kesimpulan

Blue Ocean Strategy adalah suatu pendekatan bisnis yang memungkinkan perusahaan untuk menciptakan ruang baru di pasar yang belum dimanfaatkan. Dengan menghindari persaingan langsung, perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif dan inovasi yang unik. Memahami dan menerapkan Blue Ocean Strategy memiliki manfaat yang signifikan bagi perusahaan untuk mencapai pertumbuhan dan keberhasilan jangka panjang.

7. FAQ tentang Blue Ocean Strategy

Tanya: Apa bedanya Blue Ocean Strategy dengan Red Ocean Strategy?

Jawab: Blue Ocean Strategy berfokus pada penciptaan pasar baru yang belum dimanfaatkan, sedangkan Red Ocean Strategy berfokus pada persaingan di dalam pasar yang sudah ada.

Tanya: Apa keuntungan menggunakan Blue Ocean Strategy?

Jawab: Keuntungan menggunakan Blue Ocean Strategy antara lain menciptakan pasar baru, mengurangi risiko persaingan, membangun keunggulan kompetitif, dan menciptakan inovasi yang unik.

Tanya: Apa saja langkah-langkah untuk menerapkan Blue Ocean Strategy?

Jawab: Langkah-langkah untuk menerapkan Blue Ocean Strategy meliputi pembuatan ruang pasar, pencarian peluang, penentuan target, dan pembuatan nilai yang inovatif.

Copyright : Blog’s