Cara Cek Plagiat

Cara Cek Plagiat – Pada sebuah konten seperti artikel sangatlah penting untuk diperhatikan dengan tujuan supaya kualitas dari konten tersebut berkualitas dan tidak plagiat. Salah satu kunci yang paling menarik perhatian dari pembaca halaman blog yaitu keaslian dari sebuah konten tersebut.

Google memiliki mesin pencari terbesar yang ada di dunia atau Google Search yang tidak menoleransi automatically generated content maupun jenis konten yang terindikasi plagiatnya besar. Pengguna akan merasa lebih percaya diri apabila konten yang sudah di buatnya tersebut adalah hasil dari karya sendiri.

Cara Cek Plagiat

Cara Cek Plagiat

Ada banyak Website untuk mengecek plagiat saat ini dan bisa di akses secara online agar bisa mengetahui tingkat dari kualitas konten yang Anda buat tersebut. Terkadang seorang penulis konten memang tidak menyadari seberapa besar tingkat plagiasi yang sudah di buatnya tersebut. Oleh karena itu penggunaan dari website plagiasi ini sangatlah penting untuk dilakukan. Berikut ini daftar website yang bisa di gunakan untuk mengecek hasil tulisan atau konten yang sudah di buat di antaranya seperti berikut ini:

1. Duplichecker Small Seo Tools

Cara cek plagiat yang pertama bisa di lakukan dengan bantuan smallseotool. Untuk aplikasi website ini dapat di katakan sebagai aplikasi yang paling populer di bandingkan dengan lainnya. Alasannya karena selain memberikan layanan secara gratis cara penggunaannya pun juga mudah.

Terlebih lagi Anda tidak perlu melakukan registrasi website yang memang ini sangatlah informatif. Hal ini memiliki artinya mampu memberikan informasi mendetail dan sangat mudah untuk dipahami. Khususnya pada saat Anda sedang melakukan pengecekan teks url, website, dokumen ataupun informasi.

Sedangkan informasi tersebut bisa di hasilkan dengan mudah dan ternyata tidak hanya di gunakan untuk melakukan cek plagiat saja. Namun ternyata juga tersedia beberapa fitur lainnya. Contohnya saja seperti grammar, check plagiarism checker, preserve image, search What is my IP, word counter.

2. Viper Anti-Plagiarism Scanner

Viper anti-plagiarism scanner merupakan website yang menyediakan layanan cek plagiarisme secara online. Jika di bandingkan dengan yang lainnya untuk Website ini memang berbeda. Untuk website yang lainnya bisa secara langsung melakukan proses pengecekan secara online.

Sementara viper anti-plagiarism men ini tidak dapat melakukannya melalui website. Sehingga Anda harus menggunakan layanan dari wiper anti-plagiarism scanner terlebih dahulu. Caranya dengan mengunduh aplikasi ini melalui Google play store. Setelah itu memasangnya pada perangkat desktop.

Ada beberapa fitur yang tersedia dan memiliki sistem yang cukup sederhana. Dengan hal ini maka dapat membantu Anda pada saat ingin melakukan pengecekan plagiat maupun konten yang duplikat pada pekerjaan Anda tersebut.

Selain itu tampilannya juga interface, sehingga sangat mudah di gunakan untuk menghasilkan informasi yang singkat dan jelas. Untuk pengecekan bisa di lakukan lebih dari 1000 sumber. Hal menarik lainnya yang di miliki oleh viper yaitu proses pembayarannya yang berdasarkan dari jumlah kata.

Untuk jumlah kata yang di maksud yaitu dari konten yang Anda lakukan pengecekan. Namun sayangnya untuk aplikasi ini harus mengeluarkan sejumlah biaya yang cukup mahal pada saat ingin menggunakannya.

Namun tidak perlu khawatir, karena aplikasi ini menawarkan 2 varian, yaitu Anda masih tetap bisa menggunakan versi gratisnya dan menggunakan versi berbayar. Dengan begitu maka Anda dapat mengubahnya pada beberapa tipe file saja.  

3. Writecheck

Jika menggunakan situs ini maka kualitas penulisan yang Anda miliki akan menjadi lebih berkualitas. Cara cek plagiat melalui situs ini sudah menyediakan pengecekan konten sumber atau kutipan yang bisa di gunakan dengan proses yang sangat cepat.

Selain melakukan pengecekan plagiasi, website ini juga sudah menyediakan fitur dalam pengecekan grammar. Dengan begitu maka Anda bisa memperoleh umpan balik instan yang berhubungan dengan ejaan, tata bahasa, maupun penggunaan kata yang ada di dalam sebuah konten.

Untuk fitur ini sudah di lengkapi dengan buku panduan bagi penulis yang secara otomatis telah terintegrasi. Namun ternyata aplikasi ini tidak hanya di gunakan untuk melakukan pengecekan dengan mesin saja. Melainkan website ini juga menyediakan pengecekan secara manual.

Apabila berkeinginan menggunakan layanan ini maka Anda di haruskan untuk membayarnya terlebih dahulu pada setiap konten yang dikirimkan dan beberapa variasi fitur maupun pembayaran yang lainnya. Walaupun berbayar namun sudah mempunyai jumlah pengguna yang cukup banyak.

4. Unicheck

Website Unicheck adalah website yang bisa di gunakan untuk melakukan pengecekan konten atau artikel yang saat ini sudah sangat populer. Pada biasanya website ini di gunakan untuk dunia penulis, pendidikan, peneliti maupun editor.

Hingga saat ini sudah mempunyai lebih dari satu juta pengguna yang ada di seluruh dunia. Bahkan sudah lebih dari 124 juta file yang sudah di cek menggunakan website ini. Tampilannya memang sangatlah sederhana, namun memiliki fitur yang sempurna.

Khususnya untuk dijadikan sebagai senjata dalam melakukan pengecekan tingkat plagiasi pada sebuah konten maupun dokumen. Hal menarik yang di miliki oleh website ini yaitu dapat di pasang secara embed dalam sistem e-learning.

Untuk Anda yang sedang bekerja di institusi pendidikan secara otomatis akan memindai pada setiap maupun menyediakan laporan yang lebih mudah untuk dibaca. Dengan begitu, maka Anda bisa menjadikan aplikasi ini sebagai solusi untuk menjaga keaslian dari konten yang di buatnya.

5. Plagiarism Checker.Com

Untuk ini hanya akan menyediakan pengecekan frase yang ada dari beberapa bagian dokumen yang sudah terintegrasi dengan Yahoo atau Google saja. Sehingga pada saat Anda melakukan pengisian kolom yang terdapat di halaman muka website dan menekan tombol search.

Maka secara otomatis website akan mengarahkan ke hasil pencarian Google. Namun sayangnya untuk saat ini tidak diperbarui. Padahal dulu aplikasi ini paling populer dan banyak di gunakan oleh masyarakat hingga selurih dunia

Dengan begitu maka masih ada beberapa fitur yang bermasalah. Hasil yang diberikan pun juga tidak relevan terhadap kondisi yang sekarang.

6. Duplichecker

Jika ingin melakukan cara cek plagiat selanjutnya yaitu dengan bantuan situs duplichecker. Untuk Website ini menyediakan halaman secara khusus bagi penggunanya pada saat ingin melakukan pengecekan konten plagiat.

Cara penggunaannya sangat mudah yaitu cukup dengan memasukkan konten maksimalnya 1000 kata dalam sebuah form yang sudah disediakan. Pada saat menggunakan duplichecker ini maka Anda diskusikan dengan informasi yang mempunyai kemiripan dengan konten yang lainnya.

Bahkan hal ini berbentuk persen apabila terdapat indikasi plagiat. Sedangkan apabila hasil dari website menunjukkan no plagiarisme detector, maka artinya bahwa konten yang Anda tersebut adalah original dan tidak terdeteksi plagiat.

Dengan bantuan beberapa situs atau website yang ada di atas, maka proses cara cek plagiat pada sebuah konten yang Anda buat bisa berjalan dengan sangat lancar dan mudah. Untuk itu demi menjaga keaslian konten yang Anda miliki jangan malas untuk melakukan pengecekan plagiat.

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp