Cara Memasang Backlink yang Benar

Cara memasang backlink yang benar – Memasang backlink pada situs dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan memanglah cara yang sudah lama sekali di lakukan oleh banyak pengguna SEO. Namun meski begitu menggunakan backlink juga tidak boleh di lakukan secara sembarangan sebab ada cara memasang backlink yang benar.

Agar backlink yang Anda pasang memberikan hasil sesuai dengan harapan. Lalu bagaimana ya caranya? Sebelum itu coba simak ulasan di bawah ini dulu :

Apa Itu Backlink?

Sebelum Anda mengetahui bagaimana cara memasang backlink yang benar Anda juga wajib mengetahui apa itu backlink, dan di sini kami akan membahasnya secara sekilas untuk memberikan sedikit gambaran bagi Anda yang belum mengetahui apa itu backlink.

Backlink sendiri merupakan suatu link atau tautan yang sengaja di pasang pada suatu situs yang berguna untuk mengarahkannya ke situs Anda. Jika di artikan secara sederhana maka sebenarnya backlink bisa memberi tahu letak keberadaan situs Anda.

Dan backlink biasanya di tanamkan pada situs situs dengan rating dan kredibilitas tinggi sehingga sudah terpercaya oleh Google.

Di dalam dunia SEO sendiri backlink merupakan salah satu cara yang bisa di lakukan untuk memaksimalkan SEO on page dan off page. Sehingga proses penggunaan backlink di anggap menjadi salah satu hal yang sangat penting ketika Anda membangun sebuah situs.

Dan menjadikan situs Anda memiliki kualitas, rating tinggi dan pastinya di anggap memiliki kredibilitas baik di mata pengguna internet maupun mesin pencari dan Google.

Secara khusus penggunaan backlink termasuk dalam strategi off page yang memang penggunaannya wajib untuk dimaksimalkan sebaik mungkin. Sehingga cara memasang backlink yang benar pun tidak bisa di lakukan sembarangan.

Anda membutuhkan beberapa hal dan langkah yang wajib di lakukan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas untuk situs Anda dan beberapa cara tersebut bisa di gunakan secara gratis loh.

Cara Membangun Backlink yang Berkualitas

Cara Memasang Backlink yang Benar

Kini Anda sudah tahu kan apa itu backlink dan apa saja fungsinya bagi situs Anda. Dengan melihat fungsi bagi situs yang sedang Anda kembangkan, pastinya kini Anda juga ingin memiliki pengetahuan tentang bagaimana cara memasang backlink yang benar.

Langsung saja simak ulasannya di bawah ini :

1.) Memperhatikan Relevansi Konten

Salah satu hal yang paling penting untuk Anda ketahui ketika ingin menggunakan backlink adalah dengan melihat tingkat relevansi dari tautan yang di bangun dengan situs yang Anda miliki. Bahkan sudah jelas di nyatakan semakin tinggi tingkat relevansinya.

Maka akan semakin tinggi juga hasil backlink yang Anda gunakan sehingga kualitasnya juga akan semakin tinggi.

Misalnya, apabila Anda memiliki website dengan tema atau niche pendidikan maka sebaiknya Anda juga menautkan link situs Anda ke situs pendidikan. Tapi bukan sembarang situs juga, sebaiknya carilah situs dengan peringkat yang tinggi dan kredibilitas yang bagus.

Maka kualitas backlink pun akan semakin baik.

Tapi Anda juga tetap bisa mendapatkan backlink dari situs lain, asalkan Anda melakukannya secara konsisten yang di imbangi dengan pembuatan konten berkualitas dan di posting secara rutin. Dengan kombinasi ini maka di harapkan Anda akan mendapatkan backlink yang berkualitas ke situs Anda.

Peringkat situs Anda pun bisa di naikkan dan di anggap sebagai situs dengan kredibilitas yang bagus. Pastinya hal ini adalah harapan bagi semua pemilik situs. Jadi coba terapkan cara ini ya.

2.) Menggunakan Tools Backlink

Berikutnya cara yang bisa Anda lakukan untuk membangun backlink yang berkualitas dan baik adalah dengan menggunakan tool backlink. Di sini Anda membutuhkan bantuan dari pihak ketiga untuk membangun backlink yang bagus.

Jika cara sebelumnya bisa di bilang merupakan cara yang natural dan dapat Anda lakukan untuk memperoleh backlink dari situs yang lain. Maka cara ini tekniknya lebih memunkinkan Anda untuk menjemput backlink secara langsung.

Agar situs Anda bisa mendapatkan perkembangan yang lebih cepat dan pesat.

Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan tools seperti Ubersuggest, Ahrefs dan lain sebagainya. Di sini Anda bisa menemukan situs atau blog dengan kata kunci yang relevan dengan konten yang Anda buat.

Anda juga bisa memilih situs mana saja yang mempunyai kualitas tinggi sehingga Anda bisa mendekatinya secara personal untuk mengajaknya agar setuju memberikan backlink yang akan di gunakan untuk mengarahkan ke situs Anda.

Tapi wajib untuk Anda ingat, sebelum melakukan cara ini, Anda juga wajib memaksimalkan situs yang Anda miliki agar partner Anda setuju untuk memberikan backlink yang berkualitas dan gratis pastinya.

3.) Memanfaatkan Content Sharing Platform

Untuk membangun backlink yang berkualitas tidak ada salahnya jika Anda memanfaatkan content sharing platform yang digunakan untuk membangung backlink. Pada saat ini ada banyak sekali platform yang bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan backlink yang berkualitas dan gratis.

Sebut saja seperti Hipwee, IDN Times, Medium hingga Reddit dan masih banyak platform yang lainnya. Di sini Anda bsia membuat artikel dari berbagai macam platform tersebut untuk kemudian Anda tautkan backlink di dalamnya.

Dan backlink ini tentu saja akan mengarah ke situs Anda.

Tapi seperti cara yang sebelumnya sudah kami jelaskan, bahwa untuk mendapatkan backlink yang baik dan berkualitas adalah dengan memperhatikan relevansi konten. Sehingga untuk membuat artikel di platform tersebut.

Anda tidak bisa membuat artikel yang sembarangan, Anda wajib membuat artikel yang berhubungan dengan tema atau niche dari situs Anda atau konten Anda. Misalnya jika situs Anda bertema Teknologi dan Tutorial.

Maka Anda bisa membuat artikel tentang update smartphone dengan harga 1 jutaan, di Hipwee. Sehingga artikel tersebut dapat relevan dengan konten dan situs Anda.

Untuk mendapatkan hasil yang baik Anda juga harus melakukannya secara rutin dan konsisten ya.

4.) Guest Blogging

Cara terakhir yang akan kami ajarkan adalah dengan melakukan guest blogging, bagi Anda yang belum tahu istilah ini. Guest blogging sendiri merupakan cara untuk menuliskan artikel atau konten untuk dipublikasikan di situs lain secara cuma cuma.

Dan sebagai gantinya Anda bisa memasukkan link situs Anda atau menanamkan backlink untuk merujuk ke situs Anda.

Untuk melakukan cara ini, pastikan Anda juga memiliki situs yang berkualitas dan memiliki kredibilitas sehingga memberikan pengaruh yang baik bagi situs Anda. Selain itu Anda juga harus membangun situs Anda menjadi situs dengan konten yang berkualitas juga agar cara ini berhasil.

Sebab jika situs yang Anda ajak kerja sama memiliki kualitas yang bagus maka proses penanaman backlink bisa sangat berguna dan memberikan manfaat yang besar bagi situs Anda. Namun jika traffic yang ada pada situs tersebut kurang terlalu bagus.

Maka hal ini juga akan berakibat kurang baik pada situs Anda. Jadi perhatikan dengan seksama ya!

Meski begitu cara ini menjadi salah satu cara yang paling sering digunakan oleh pengguna SEO dan situs untuk saling bekerja sama sebab dengan kerjasama ini, kedua belah pihak akan saling diuntungkan. Pemilik situs bisa mendapatkan konten gratis.

Sedangkan Anda bisa mendapatkan backlink gratis juga.

Demikian cara memasang backlink yang benar semoga berguna bagi Anda ya, sampai jumpa.

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp