Cara Membuat Artikel

Cara membuat artikel – yang baik dan benar haruslah mempunyai sistematis yang sesuai dengan fungsinya. Artikel itu sendiri sebagai karya tulis yang mempunyai fungsi untuk menyampaikan fakta, opini berita maupun informasi tertentu.

Tujuan dari pembuatan artikel itu sendiri yaitu menginformasikan, mempengaruhi sekaligus meyakinkan atau menghibur pembacanya. Jika sudah mengetahui fungsi beserta tujuannya kini saatnya Anda mengetahui cara bagaimana membuat artikel yang baik dan benar.

Cara Membuat Artikel Manual

Cara Membuat Artikel

Proses pembuatan artikel harus di lakukan dengan teknik yang mudah dipahami oleh pembacanya. Semua orang pastinya dapat membuat artikel. Namun tidak semua orang dapat mempraktekkan, apalagi membuat artikel yang berkualitas baik.

Artikel

Untuk pembuatan artikel dengan teknik yang benar dapat di lakukan dengan beberapa langkah. Contohnya saja seperti menentukan tema, judul, pengumpulan informasi, menulis perbaikan, hingga publikasi.

Jika teknik yang di gunakan benar dan tepat maka bisa menjadikan hasil tulisan lebih berkualitas dan menarik untuk dibaca. Berikut ini beberapa cara untuk membuat artikel yang tepat di antaranya:

1. Menentukan Tema

Pada langkah pertama ini Anda harus bisa menentukan tema yang sesuai dengan keinginan. Selalu usahakan agar mencari tema yang lebih mudah di pahami bagi kalangan masyarakat luas. Tujuannya supaya dapat menentukan tema dengan tepat.

Selain itu Anda juga bisa melakukan observasi maupun penelitian. Cara ini menjadi langkah paling efektif supaya yang Anda tuliskan tersebut mempunyai dasar, sekaligus landasan yang kuat. Dengan begitu maka secara tidak langsung bisa menarik minat banyak orang.

Pemilihan tema yang sesuai dengan keinginan ternyata juga bisa memudahkan Anda untuk memulai pembuatannya. Khususnya bagi orang yang belum terbiasa menulis artikel. Tema yang di kuasai akan membuat penulis merasa lebih percaya diri.

Baik itu tema yang berdasarkan dari hasil observasi lapangan atau berdasarkan dari literatur. Agar bisa membangun kemampuan dalam menulis artikel silahkan memilih tema yang belum pernah diketahui sebelumnya maupun tidak disukai.

Bisa juga dengan melakukan pemilihan yang bermaksud untuk kemampuan menulis yang lebih berkembang. Cara ini juga sekaligus membantu Anda untuk belajar membuat sebuah artikel.

2. Menentukan Angle

Cara membuat artikel selanjutnya yaitu dengan menentukan angle, pilihlah salah satu aspek yang berasal dari ide paling menarik untuk dibahas. Angle di sini mempunyai arti sebagai membidik suatu persoalan hanya dari satu sudut pandang saja.

Angle yaitu kunci supaya membuat lebih mudah dalam menentukan judul. Silahkan membuat judul yang sesuai dengan topik yang di inginkan. Walaupun judul dapat di buat pada akhir penulisan, namun sebenarnya pembuatan judul pada awal bisa mengarahkan penulis agar tidak melenceng dari isi.

Angle haruslah jernih, jelas dan juga tajam. Pada biasanya unsur rumus yang di gunakan yaitu 5W yaitu What, when, where, why, Who, + how. Anda juga di minta untuk memahami kompleksitas persoalan serta menguraikannya secara sistematis agar bisa merumuskan Angle yang tepat.

Sementara untuk tipe ini membutuhkan data yang lengkap dan kuat. Alasannya supa artikel yang di buat berkualitas dan berguna bagi para pembacanya.

3. Mengumpulkan Bahan

Penulis dapat menggunakan tiga hal saat ingin mengumpulkan bahan yaitu observasi, riset dan wawancara. Silahkan memilih salah satunya agar bisa memadukan ketiganya. Jika dirasa bahan sudah matang dan cukup maka pembuatan bisa langsung dilanjutkan.

Caranya dengan menyusun kerangka tulisan. Untuk langkah ini harus di lakukan dengan tujuan supaya tulisan menjadi lebih tersusun secara sistematis. Sementara kerangka tulisan sengaja di buat untuk di jadikan sebagai perencanaan garis besar serta poin penting yang indah di informasikan.

Pada saat membuat kerangka tulisan ada beberapa poin yang harus di pertimbangkan seperti analisis, teori, serta hasil penelitian. Tidak sampai di situ saja, Anda pun juga harus menempatkan isi ke dalam beberapa sub judul.

Dari sub judul ini lebih memudahkan penulis untuk menjabarkan suatu informasi pada saat mempraktekkan. Cara dalam pembuatan artikel ini juga lebih memudahkan bagi pembaca agar lebih memahami informasi yang di sampaikan.

4. Memperhatikan Isi

Jika beberapa langkah yang ada di atas sudah terselesaikan, kini saatnya Anda berfokus pada isi yang ingin dibuat. Usahakan untuk selalu menulis isi secara sistematis. Jika tulisan semakin sistematis, maka akan lebih menarik perhatian dan mudah dipahami pembaca.

Sebaiknya hindari penggunaan kata yang susah di mengerti atau bersifat ambigu. Pada saat penulisan bagian isi silahkan lengkapi menggunakan analisis masalah, fakta, teori dan hasil penelitian yang sudah Anda lakukan.

Untuk artikel ilmiah akan bersifat objektif, sehingga harus di dasari dengan pemikiran ilmiah juga. Dengan begitu maka penulis di wajibkan untuk menulisnya secara empiris dan logis.

  • Baca Juga : Kumpulan Blog yang Mengulas Informasi Website

5. Mulai Menulis

Langkah selanjutnya yang bisa di lakukan supaya cara membuat artikel dapat berjalan dalam lancar yaitu dengan segera memulai menulis. Untuk cara ini bisa segera di lakukan apabila beberapa bahan yang ada di atas sudah terkumpul berdasarkan dari ide maupun Angle yang tajam.

Silahkan menuliskan menggunakan bantuan kerangka yang telah di buat supaya tulisan menjadi tidak berantakan dan terarah. Jangan lupa juga untuk memperhatikan isi artikel dengan sebaik mungkin supaya lebih mudah di mengerti oleh pihak pembaca. Selain itu juga tidak melelahkan ketika di kerjakan.

Anda dapat mengubah seluruh pernyataan yang bisa menguatkan penemuan sekaligus menyampaikan menggunakan bahasa yang lugas atau mudah di mengerti. Sebaiknya hemat kata seefektif mungkin supaya pembaca tidak merasa pusing pada saat membacanya.

6. Lakukan Perbaikan

Jika proses menulis sudah selesai maka jangan langsung mempublikasikannya. Namun artikel yang sudah di buat tersebut harus melalui tahapan editing. Hal ini bertujuan supaya lebih memperkuat isi dari artikel menggunakan gaya bahasa tertentu. Namun tetap harus membuat yang menarik.

7. Proses Editing

Proses ini ternyata tidak bisa di lakukan dengan sembarangan, melainkan ada beberapa syarat yang harus di tentukan secara tersebut, yaitu artikel harus memenuhi persyaratan media, enak di baca dan membuat pihak pembaca merasa penasaran.

Kemudian lakukan pengecekan aspek kebahasaannya dan kesalahan penulisan atau typo. Hal yang tidak kalah pentingnya yaitu dengan melakukan pengecekan plagiat. Hal ini bertujuan supaya artikel yang Anda buat tersebut benar-benar original.

Meskipun menggunakan referensi, namun jangan sampai yang Anda buat tersebut ter upload dalam kondisi plagiasi. Konten yang plagiat sama halnya sebagai pencuri yang mengambil karya orang lain.

Tidak sampai disitu, saja aspek penting yang tidak boleh diabaikan yaitu penutupan yang harus menggunakan paragraf kuat dan juga meyakinkan. Contohnya dengan menambahkan rangkuman singkat yang berisi keseluruhan dari isi artikel.

Tidak ada salahnya jika Anda meminta saran kepada pembaca agar bisa menemukan kekurangan dari artikel ilmiah yang sudah Anda buat.

Lihat Sebelumnya : Setting All in One SEO Pack

Sebenarnya cara membuat artikel dapat di katakan susah-susah gampang. Namun Anda perlu mencobanya melalui beberapa cara yang ada di atas. Jika Anda terbiasa berlatih membuatnya maka tidak akan terasa sulit.

Itulah tadi cara membuat artikel manual menurut Dofollow.id yang bisa Anda pelajari untuk membuat konten lebih bagus dan berkualitas.

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp