Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO On Page – Cara optimasi SEO on page sangat penting untuk di ketahui dan di pelajari agar dapat meningkatkan kualitas konten. Sehingga konten yang Anda buat bisa di terima dengan mudah oleh pembaca.

Dibutuhkan beberapa cara optimasi SEO on page, bagaimana caranya? Simak di bawah ini ya.

SEO On Page Adalah

SEO on page sendiri merupakan cara yang di lakukan untuk mengoptimasi SEO pada konten yang di terbitkan di situs Anda. Cara ini berfokus pada beberapa faktor yang terdapat di dalam konten buatan Anda.

Sehingga secara sederhana cara optimasi SEO on page diartikan sebagai suatu langkah optimasi untuk digunakan meningkatkan konten di dalam website maupun blog agar mudah dibaca maupun dipahami.

Selain itu cara optimasi SEO on page dengan baik dapat membuat konten yang Anda buat menjadi lebih mudah muncul di mesin pencari. Dan jika konten Anda sering masuk ke mesin pencari. Maka konten Anda pun akan mendapatkan banyak pengunjung, pastinya hal ini sangat berpengaruh pada peringkat situs Anda.

Langkah dan Cara Optimasi SEO On Page

Cara Optimasi SEO On Page

Ada banyak sekali langkah dan cara optimasi SEO on page yang bisa Anda lakukan untuk membuat situs Anda menjadi semakin berkembang. Seperti mengubah permalink menjadi lebih sederhana. Selain itu Anda juga bisa mengganti pengaturan link menjadi open in new tab.

Dan berikut ini adalah cara optimasi SEO on page selengkapnya :

1. Menggunakan Permalink yang Sederhana

Untuk cara optimasi SEO on page yang pertama tentang penggunaan permalink yang sederhana adalah salah satu indikator utama pada penerapan SEO on page. Permalink yang sederhana ini akan mampu mempermudah mesin pencari mengenali topik yang dibahas di dalam konten.

Contohnya :

Jika Anda menargetkan kata kunci ‘Game PC Terbaik’ maka permalink yang sangat cocok dan ideal untuk konten tersebut adalah ‘www.websiteanda.com/game-pc-terbaik’ adalah permalink default yang dibuat oleh platform website Anda.

Namun untuk menyederhanakannya, Anda bisa mengubahnya sendiri dengan cara buka dashboard WordPress kemudian klik Setting pilih opsi Permalink.

Pada opsi ini pilih struktur permalink Post Name lalu klik Save.

Anda pun bisa mengubah permalink dengan struktur seperti ini www.namawebsiteanda.com/2021/08/judulartikelanda.

Selesai, dan kini struktur dari permalink di situs Anda sudah menjadi lebih sederhana sehingga akan lebih mudah untuk dikenali oleh Google.

2. Membuat Judul Konten yang Menarik

Ketika Anda mencari sebuah artikel menggunakan kata kunci atau keyword di Google. Maka Anda hanya akan melihat judul beserta dengan deskripsi singkat dari isi artikel tersebut. Judul yang menarik termasuk cara optimasi SEO on page yang ampuh.

Jadi judul dan deskripsi artikel yang menarik pastinya mampu memancing pembaca untuk membukanya. Sehingga Anda wajib untuk membuat judul dengan kalimat yang menarik sehingga memungkinkan orang orang untuk langsung tertarik pada saat membaca konten yang ada di situs Anda ya.

Untuk membuat judul yang lebih menarik pada konten yang Anda buat, maka Anda dapat menambahkan angka maupun kata sifat. Bahkan sudah terbuktikan bahwa judul dengan menggunakan angka.

Mampu menghasilkan performa 45 % menjadi jauh lebih baik jika di bandingkan dengan judul yang tidak mengandung angka. Misalnya :

7 Rekomendasi Game PC Offline Terbaik’.

Akan tetapi meski begitu wajib untuk Anda ketahui bahwa tidak semua konten dapat Anda tambah dengan angka atau penomoran untuk judulnya. Sehingga di butuhkan pemilihan judul yang sangat tepat dan sesuai dengan isi konten.

Selain itu ada banyak sekali variasi judul yang lainnya yang dapat di gunakan untuk menarik perhatian dari para pembaca.

3. Menambahkan Gambar atau Video yang Sesuai

Suatu konten yang hanya berisikan teks saja pastinya tidak akan terlalu menarik bahkan cenderung sangat membosankan bagi pembaca. Sehingga media visual menjadi salah satu cara untuk membuat konten menjadi lebih menarik. Tambahkan konten visual seperti gambar atau video yang relevan dengan artikel yang Anda buat.

  • Baca Juga : Kumpulan Blog yang Mengulas Informasi Website

Penggunaan gambar atau video di nyatakan bisa meningkatkan kualitas konten sehingga memiliki kesempatan 53 kali lebih besar untuk bisa tampil pada halaman pertama di hasil pencarian Google di bandingkan dengan artikel tanpa visual sama sekali.

4. Optimasi Gambar

Selain menambahkan gambar di dalam konten untuk menaikkan kualitas konten di situs Anda. Tidak hanya menambahkan gambar saja, namun Anda juga wajib memperhatikan kualitas gambar agar mampu meningkatkan kualitas konten Anda.

Cara optimasi SEO on page selanjutnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan memilih gambar yang ukurannya tidak terlalu besar. Sebab ukuran gambar yang besar bisa memperlambat loading website. Kecilkan gambar agar ukurannya tidak lebih dari 100 KB dengan cara mengkompres ukuran gambarnya.

Berikutnya adalah dengan mengubah alt text dan di sesuaikan dengan fokus keyword, alt text sendiri adalah alternative text yang memiliki fungsi untuk membantu Googke agar dapat mengidentifikasi topik yang Anda buat.

Penerapan cara yang tepat ini juga bisa memudahkan gambar muncul pada hasil pencarian gambar. Cara mengubah alt text adalah dengan klik gambar lalu pada samping kanan terdapat pengaturan yang bisa Anda gunakan untuk mengubah alt text sesuai dengan fokus keyword yang di targetkan. Modifikasi alt text dengan keyword turunan atau LSI jika gambar yang Anda gunakan lebih dari satu.

5. Memanfaatkan Heading dan Subheading

Struktur konten yang jelas dan mudah untuk dipahami akan memudahkan pengunjung pada saat membaca konten Anda. Sehingga Anda wajib untuk membuat struktur konten yang jelas serta mudah untuk dipahami.

Membuat struktur artikel yang benar dan mudah di pahami bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan penggunaan heading dan subheading di dalam sebuah artikel.

Fungsi dari heading dan subheading sendiri adalah untuk memecah artikel menjadi beberapa bagian. Atau heading dan subheading di artikan sebagai bab dan subbab yang ada pada buku. Keberadaan dua elemen ini akan membuat pembaca lebih mudah untuk menemukan poin poin penting yang mereka cari.

Keberadaan heading dan subheading juga bisa membantu mesin pencari agar bisa memahami konten yang Anda buat. Sebab heading sendiri mampu mempermudah search engine bot agar bisa melakukan crawling pada konten Anda.

Anda bisa menemukan 6 heading mulai dari heading 1 hingga heading 6 yang bisa di gunakan untuk membuat judul pada konten. Namun biasanya penggunaan heading hanya di butuhkan hingga ke heading ke 4 saja.

Agar penggunaan heading lebih maksimal Anda juga bisa menggunakan keyword dan LSI untuk dimasukkan dalam heading dan sub heading.

6. Menyisipkan Internal Link dan External Link

Cara optimasi SEO on page yakni dengan teknik internal link. Internal link adalah link yang mengarah ke konten lain yang ada di website Anda atau website yang sama. Sedangkan eksternal link adalah link yang mengarahkan ke konten yang ada pada website lain.

Penggunaan kedua link ini juga sangat penting jika internal link bisa membantu Google memetakan setiap konten yang ada di dalam website Anda sedangkan eksternal link akan membantu Google untuk mengenali konten Anda sebagai konten yang berkualitas. Sehingga wajib untuk memiliki konten dari website lain yang juga berkualitas sebagai eksternal link.

7. Konten Visual dan Optimasi Gambar

Penambahan konten visual seperti gambar atau video akan membuat konten Anda menjadi semakin menarik dan pastinya tidak membosankan bagi pembaca. Selain itu lakukan juga optimasi gambar dengan cara menggunakan konten visual yang ringan.

Maksimal ukuran dari gambar yang di gunakan tidak lebih dari 100KB sehingga tidak memberatkan loading. Selain itu sisipkan juga nama konten visual dan deskripsi dengan keyword yang di sebut dengan penerapan alt text.

8. Menggunakan Heading

Heading dan subheading adalah elemen yang sangat penting bagi suatu konten artikel dan wajib untuk di gunakan agar konten artikel lebih menarik dan mudah di mengerti oleh pembaca.

9. Optimalkan Jumlah Kata

Jumlah kata pada artikel juga wajib untuk memperlihatkan ya, sebab ada beberapa syarat bagi suatu konten agar di anggap SEO Friendly. Jumlah kata yang ideal biasanya adalah 500 kata, 800 kata, 1000 kata hingga 2000 kata. Saat ini juga banyak jasa penulis artikel salah satunya situs Dofollow.id dan OptimaKit.com

10. Kurangi Kesalahan Kepenulisan

Kesalahan penulisan atau typo juga menjadi salah satu hal yang wajib untuk Anda perhatikan. Meminimalisir kesalahan penulisan agar Google lebih menyukai konten Anda dan pastinya konten Anda juga akan termasuk berkualitas untuk para pembaca.

11. Konsisten Menerbitkan Artikel

Jangan hanya membuat konten yang berkualitas saja, namun Anda juga harus sering dan konsisten untuk menerbitkan artikel di website Anda karena hal ini juga akan memberikan peringkat yang baik pada website Anda.

Itulah tadi ciri ciri artikel SEO Friendly dan cara optimasi SEO on page menurut Dofollow.id yang bisa Anda pelajari untuk membuat konten lebih bagus dan berkualitas.

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp