Apa Itu Market Positioning? Ini Penjelasan Lengkapnya

Market positioning merupakan konsep penting dalam dunia bisnis yang dapat membantu perusahaan untuk membedakan dirinya dari pesaingnya dan menarik perhatian konsumen. Dalam era persaingan global yang semakin ketat, pemahaman tentang market positioning menjadi sangat penting agar sebuah perusahaan dapat bertahan dan tumbuh di pasar yang kompetitif. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara detail apa itu market positioning, mengapa itu penting untuk dipahami, dan manfaat apa yang dapat kita peroleh dari memahami konsep ini.

1. Pendahuluan

Sebelum kita masuk ke definisi dan penjelasan mengenai market positioning, penting bagi kita untuk memahami bahwa setiap perusahaan atau merek memiliki tempatnya sendiri dalam pikiran konsumen. Market positioning adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mendefinisikan tempat yang diinginkan dalam persepsi konsumen, sehingga mereka lebih memilih produk atau jasa perusahaan tersebut dibandingkan pesaingnya. Konsep ini berdasarkan pada prinsip bahwa setiap perusahaan memiliki keunikan atau diferensiasi yang membedakannya dari yang lain, baik melalui fitur produk, kualitas, harga, atau nilai tambah lainnya.

2. Definisi Market Positioning

Market positioning dapat didefinisikan sebagai upaya strategis perusahaan untuk menciptakan citra atau persepsi tertentu di benak konsumen mengenai produk atau jasanya. Hal ini dilakukan melalui segmenasi pasar, penentuan target pasar, dan pengembangan strategi pemasaran yang tepat. Tujuan utama dari market positioning adalah untuk membuat konsumen memandang produk atau jasa perusahaan sebagai solusi yang paling relevan atau menguntungkan bagi kebutuhan atau masalah mereka.

3. Penjelasan Lengkap

Pada dasarnya, market positioning melibatkan empat langkah utama:

  • Analisis pasar: Langkah pertama dalam market positioning adalah melakukan analisis pasar yang menyeluruh. Ini melibatkan memahami preferensi, kebutuhan, dan perilaku konsumen yang menjadi target pasar perusahaan.
  • Segmenasi pasar: Setelah analisis pasar selesai, perusahaan perlu mencari tahu segmen pasar yang paling menarik dan relevan untuk produk atau jasanya. Ini dilakukan berdasarkan karakteristik demografis, geografis, psikografis, dan perilaku konsumen.
  • Penentuan target pasar: Setelah segmen pasar diidentifikasi, perusahaan perlu memilih segmen mana yang akan menjadi target utamanya. Hal ini dilakukan berdasarkan potensi pasar, strategi perusahaan, dan kompetensi perusahaan dalam memenuhi kebutuhan segmen tersebut.
  • Pengembangan strategi pemasaran: Setelah target pasar ditentukan, perusahaan perlu mengembangkan strategi pemasaran yang sesuai untuk mencapai posisi yang diinginkan dalam pikiran konsumen. Ini melibatkan diferensiasi produk atau jasa perusahaan dari pesaing, komunikasi efektif tentang nilai tambah yang ditawarkan, dan strategi penetapan harga yang tepat.

4. Kenapa Market Positioning Penting Dipahami?

Market positioning penting dipahami karena:

  • Membantu perusahaan membedakan dirinya dari pesaingnya
  • Meningkatkan daya tarik dan relevansi perusahaan di mata konsumen
  • Menarik segmen pasar yang tepat dan menjangkau konsumen potensial dengan lebih efektif
  • Membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan pemasaran yang tepat
  • Menciptakan kredibilitas dan kepercayaan konsumen terhadap merek atau perusahaan

5. Manfaat Memahami Market Positioning

Memahami market positioning memiliki sejumlah manfaat, antara lain:

  • Keunggulan kompetitif: Dengan memahami market positioning, perusahaan dapat menemukan keunggulan kompetitif yang membedakan mereka dari pesaing. Dalam pasar yang kompetitif, memiliki keunggulan ini sangat penting untuk bertahan dan tumbuh.
  • Targeting yang tepat: Dengan memahami market positioning, perusahaan dapat menentukan segmen pasar yang tepat untuk dijadikan target. Ini memungkinkan perusahaan untuk fokus pada konsumen yang paling relevan dan meminimalkan pemborosan sumber daya.
  • Komunikasi yang efektif: Pemahaman yang baik tentang market positioning memungkinkan perusahaan untuk berkomunikasi dengan efektif tentang nilai tambah yang ditawarkan dan mengapa konsumen harus memilih produk atau jasanya dibandingkan pesaing.
  • Pengambilan keputusan yang lebih baik: Pemahaman market positioning membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan pemasaran yang lebih baik, seperti penetapan harga yang tepat, strategi saluran distribusi yang efektif, dan upaya promosi yang paling efisien.

6. Kesimpulan

Market positioning adalah strategi yang digunakan oleh perusahaan untuk mendefinisikan tempatnya dalam pikiran konsumen dan membedakan dirinya dari pesaing. Pemahaman yang baik tentang market positioning penting bagi perusahaan karena dapat membantu mereka untuk bertahan dan tumbuh di pasar yang kompetitif. Dengan memahami market positioning, perusahaan dapat mencapai keunggulan kompetitif, menjangkau konsumen yang tepat, berkomunikasi secara efektif, dan membuat keputusan pemasaran yang lebih baik.

7. FAQ tentang Market Positioning

Tanya: Apa perbedaan antara market positioning dan diferensiasi produk?

Jawab: Market positioning melibatkan strategi keseluruhan perusahaan untuk menciptakan citra atau persepsi tertentu di benak konsumen. Sementara itu, diferensiasi produk adalah salah satu taktik yang digunakan dalam market positioning untuk membedakan produk atau jasa perusahaan dari pesaingnya.

Tanya: Apakah market positioning hanya relevan untuk perusahaan besar?

Jawab: Tidak, market positioning relevan untuk semua perusahaan, baik besar maupun kecil. Setiap perusahaan bisa mendapatkan manfaat dari memahami dan menerapkan konsep tersebut.

Copyright : Blog’s