Apa Itu Market Share? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dalam dunia bisnis, terdapat banyak istilah yang perlu dipahami untuk dapat mengelola perusahaan dengan baik. Salah satu istilah yang sering digunakan adalah “market share”. Market share merupakan metrik penting untuk mengukur posisi suatu perusahaan di pasar dibandingkan dengan pesaingnya. Dalam artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai market share, mengapa memahaminya penting, serta manfaat yang dapat diperoleh dari memahami konsep ini.

1. Pendahuluan

Market share adalah persentase pangsa pasar atau sebagian besar pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau produk dalam hal penjualan. Hal ini merupakan indikator penting untuk menilai keberhasilan sebuah perusahaan dalam menghadapi persaingan dengan pesaingnya. Semakin tinggi market share, semakin dominan posisi perusahaan di pasar.

Dalam mencapai pangsa pasar yang lebih besar, perusahaan harus mampu menyediakan produk atau layanan yang lebih baik atau unggul dibandingkan pesaingnya. Mengetahui dan memahami market share adalah langkah awal dalam merencanakan dan melaksanakan strategi bisnis yang efektif.

2. Definisi Market Share

Market share dapat didefinisikan sebagai persentase penjualan suatu produk atau jasa dalam hubungannya dengan total penjualan di pasar tersebut. Dalam menghitung market share, perlu diperhatikan baik unit penjualan ataupun nilai penjualan. Jadi, ada dua cara pengukuran market share, yaitu berdasarkan volume atau berdasarkan nilai penjualan.

3. Penjelasan Lengkap

Market share adalah salah satu indikator yang paling penting dalam mengukur keunggulan kompetitif suatu perusahaan atau produk. Ada beberapa cara untuk mengukur market share:

a. Berdasarkan Jumlah Unit Penjualan
Indikator ini mengukur market share berdasarkan jumlah unit produk yang terjual. Cara ini sering digunakan dalam bisnis ritel atau industri yang menghasilkan produk dengan harga yang relatif seragam.

b. Berdasarkan Nilai Penjualan
Indikator ini mengukur market share berdasarkan nilai penjualan. Metode ini lebih cocok digunakan dalam bisnis yang menghasilkan produk atau jasa dengan harga yang sangat bervariasi.

Penentuan metode pengukuran market share yang tepat tergantung pada jenis bisnis yang dijalankan. Perusahaan dapat memilih salah satu atau kombinasi keduanya untuk mendapatkan informasi yang lebih akurat mengenai posisi perusahaan di pasar.

4. Kenapa Market Share Penting Dipahami?

Memahami market share adalah kunci kesuksesan bagi perusahaan. Mengapa market share penting? Berikut beberapa alasan mengapa memahami market share sangat penting:

a. Memperoleh Informasi Persaingan
Dengan memahami market share, perusahaan dapat mengetahui pesaing utama di pasar dan sejauh mana pesaing mampu menggeser posisi perusahaan di pasar. Hal ini membantu perusahaan dalam merencanakan strategi yang tepat untuk meningkatkan market share mereka.

b. Mengukur Keberhasilan Bisnis
Market share merupakan indikator langsung dari keberhasilan bisnis. Semakin besar market share, semakin besar pengaruh suatu perusahaan dalam pasar. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan perlu berupaya untuk meningkatkan market share mereka secara terus-menerus agar dapat bertahan dan tumbuh di pasar.

c. Mengidentifikasi Peluang dan Ancaman
Memahami market share juga membantu perusahaan dalam mengidentifikasi peluang dan ancaman yang mungkin terjadi di pasar. Dengan mengetahui posisi perusahaan di pasar, perusahaan dapat merespon dengan efektif terhadap perubahan tren atau kebutuhan pelanggan.

5. Manfaat Memahami Market Share

Memahami market share memberikan beberapa manfaat bagi perusahaan, antara lain:

a. Meningkatkan Efisiensi
Dengan memahami market share, perusahaan dapat mengidentifikasi area bersaing di mana mereka perlu meningkatkan keunggulan kompetitif mereka untuk memenangkan pangsa pasar yang lebih besar.

b. Memperkuat Posisi Pasar
Dengan memahami market share, perusahaan dapat merencanakan strategi untuk mempertahankan atau meningkatkan posisi mereka di pasar. Perusahaan dapat menciptakan keunggulan kompetitif atau berinovasi dalam produk atau layanan mereka untuk menarik lebih banyak pelanggan.

c. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik
Memahami market share membantu perusahaan dalam mengambil keputusan bisnis yang lebih baik, seperti pengembangan produk baru, perluasan ke pasar baru, atau merger dengan perusahaan lain. Informasi market share yang akurat memungkinkan perusahaan untuk memperkirakan keberhasilan strategi bisnis mereka.

6. Kesimpulan

Market share adalah metrik penting dalam bisnis yang dapat membantu perusahaan dalam mengukur posisi mereka di pasar dan merencanakan strategi bisnis yang efektif. Memahami market share memberikan informasi tentang persaingan, keberhasilan bisnis, serta peluang dan ancaman di pasar. Dengan memanfaatkan informasi market share dengan baik, perusahaan dapat meningkatkan efisiensi, memperkuat posisi pasar, dan mengambil keputusan bisnis yang lebih baik.

7. FAQ tentang Market Share

Tanya: Apa perbedaan antara market share dan pangsa pasar?

Jawab: Market share dan pangsa pasar sebenarnya merujuk pada konsep yang sama, yaitu persentase pasar yang dikuasai oleh suatu perusahaan atau produk. Istilah “market share” lebih umum digunakan dalam bahasa Inggris, sedangkan “pangsa pasar” lebih umum digunakan dalam bahasa Indonesia.

Tanya: Apakah perusahaan harus selalu berusaha untuk meningkatkan market share mereka?

Jawab: Tidak selalu. Terkadang, perusahaan dapat memiliki market share yang stabil dan cukup besar untuk dapat bertahan dan tumbuh di pasar. Tingkat market share yang ideal tergantung pada industri dan tujuan bisnis perusahaan.

Tanya: Bagaimana cara meningkatkan market share?

Jawab: Ada beberapa strategi yang dapat dilakukan untuk meningkatkan market share, antara lain mengembangkan produk atau layanan baru, meningkatkan kualitas produk atau layanan, mengoptimalkan pemasaran dan promosi, serta berinovasi dalam strategi harga.

Copyright : Blog’s