Setting Rank Math SEO

Setting Rank Math SEO – Bagi Anda yang belum tahu bagaimana cara setting rank math SEO berikut ini kami akan memberikan caranya dengan penjelasan yang jelas dan lengkap. Rank math sendiri merupakan suatu plugin WordPress SEO gratis yang terbilang banyak digunakan.

Nah, bagi Anda yang masih bingung bagaimana cara menggunakannya, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

Cara Setting Rank Math SEO

Setting Rank Math SEO

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini adalah cara setting rank match SEO yang bisa Anda pelajari :

Links

Link ini merupakan bagian yang di gunakan untuk mengatur link yang ada di dalam website Anda.

1. Strip Category Base

Pada saat membuka halaman kategori di website Anda maka secara default terdapat tambahan berupa /category/ pada URL konten Anda. Contoh :

Ketika Anda membuka kategori Game di website Anda maka alamat URL nya akan menjadi https://namawebsite.com/category/game/. Maka alamat URL tersebut akan terlihat kurang menarik.

Solusinya adalah dengan aktifkan bagian /category/ maka secara otomatis akan di hilangkan dari URL.

Tapi sebenarnya bagian ini bisa menggunakan atau tidak, karena tidak terlalu berpengaruh.

2. Redirect Attachments

Jika mengaktifkan menu ini maka bisa mengalihkan halaman attachment image atau file lain ke konten.

Pada saat Anda upload media ke website dengan format image, pdf, zip dan lainnya maka akan secara otomatis di buatkan halaman sendiri. Di dalam halaman ini berisi file tanpa adanya konten lain dan biasanya di anggap sebagai thin content oleh Google.

  • Cek : Kumpulan Blog Mengenai Website Terlengkap

Sehingga ada baiknya jika Anda redirect setiap halaman attachment pada artikel tempat Anda upload file tersebut. Kecuali apabila Anda merupakan pemilik website wallpaper yang menggunakan halaman attachment, maka sebaiknya jangan aktifkan menu setting ini.

3. Redirect Orphan Attachment

Apabila Anda upload file secara langsung ke menu media WordPress sehingga attachment file tidak mempunyai induk artikel atau orphan sehingga Anda bisa setting akan di redirect ke mana, bisa ke homepage atau default saja.

4. Nofollow External Links

Anda bisa mengaktifkan setting ini secara otomatis dengan cara memasang rel nofollow pada setiap link untuk mengarah ke website lain agar lebih memudahkan. Namun Anda juga bisa mematikan setting ini agar bisa membuat nofollow manual.

5. Nofollow Image File Links

Anda bisa mengaktifkan setting ini untuk membuat setiap link yang menuju ke image dari website lain akan di setting menjadi nofollow. Sebaiknya setting ini di nonaktifkan saja sebab sebagian besar orang lebih suka menggunakan gambar yang di upload sendiri.

Sehingga settingan ini tidak terlalu di butuhkan.

6. Nofollow Domains

Anda bisa menggunakan setting ini untuk memberikan nofollow otomatis hanya ke website tertentu sehingga Anda bisa memasukkan website yang di maksudkan pada kolom ini. Sedangkan jika di kosongkan maka semua link ke website akan di setting nofollow.

7. Nofollow Exclude Domains

Apabila Anda memiliki daftar website dan link website tersebut tidak ingin di setting menjadi nofollow maka Anda bisa memasukkannya ke kolom ini.

8. Open External lInks in New Tab/Window

Jika Anda mengaktifkan setting ini maka setiap link yang ada di website Anda ketika diklik maka akan muncul di tab baru.

Breadcrumbs

Breadcrumbs pada WordPress merupakan link navigasi yang biasanya muncul di dalam konten di website dan biasanya ada di bagian atas artikel. Fungsinya adalah agar mempermudah navigasi visitor ketika hendak melihat bagian lain yang ada di website Anda.

Breadcrumbs sendiri biasanya sudah ada di tema tertentu, namun jika pada tema yang Anda gunakan tidak memiliki breadcrumbs ini maka Anda bisa mengeditnya sendiri, namun Anda harus memasukkan kode ke theme WordPress dengan cara :

  • Separator character dapat Anda pilih dari yang sudah ada atau masukkan sendiri pada kolom custom yang ada di bagian kanan.
  • Aktifkan show homepage link.
  • Pada homepage label Anda bisa isi default ata home, tapi juga bisa isi dengan kata lain, misalnya Beranda.
  • Homepage link hingga 404 label bisa dibiarkan saja.
  • Hide post title ini memunculkan atau menyembunyikan judul artikel dalam breadcrumbs Anda bisa mengaktifkannya sehingga breadcrumbs tidak panjang dan dobel dengan title artikel.
  • ktifkan show category.
  • Non aktifkan hide taxonomy.

Jika sudah selesai maka bisa klik tombol save changes agar tersimpan lalu menuju ke setting menu Image.

Images

Untuk setting setting rank math SEO pada bagian ini bisa Anda setting agar dapat secara otomatis menambahkan atribut ALT dan atribut title pada setiap image yang ada pada konten anda.

Alt image dan title image sendiri adalah salah satu faktor SEO image yang cukup penting, dan Anda bisa otomatiskan settingan ini jika malas menggunakan setting manual. Untuk formatnya sendiri Anda bisa klik dropdown yang ada di bagian kanan kolom

Lalu akan muncul berbagai pilihan yang bisa Anda gunakan.

Webmaster Tools

Untuk menu ini Anda bisa memasukkan kode verifikasi webmaster yang ada di Googke search console, baidu atau bing webmaster dan lainnya pada kolom yang sudah disediakan.

Edit Robots.txt

Pada bagian ini Anda bisa membiarkan settingan menu nya pada default saja, terkecuali apabila memang Anda memiliki kode robots.txt milik Anda sendiri dan ingin Anda gunakan. Maka Anda bisa memasukkan kodenya pada kolom yang sudah disediakan.

Others

Pada setting menu ini juga sebaiknya Anda biarkan default saja. Sebab jika menu show SEO score apabila Anda aktifkan maka akan memunculkan SEO score yang ada pada konten yang akan dibaca oleh pengunjung.

Sehingga bisa dibilang setting menu ini tidak memiliki pengaruh apapun, kecuali apabila Anda memiliki jasa penulis dan ingin memperlihatkan contoh tulisan Anda dengan menggunakan SEO score yang baik ke pengunjung sebagai portofolio.

Sehingga bisa menarik calon pembeli, maka Anda bisa mengaktifkan setting ini.

Edit .htaccess

Bagi Anda yang tidak mengerti atau bahkan tidak membutuhkan edit file .htaccess, maka sebaiknya jangan sentuh sama sekali menu setting ini dan bisa Anda biarkan saja. Kecuali jika Anda mengerti dan bisa mengeditnya maka Anda bisa mengaktifkan menu ini.

404 Monitors

Setting rank math SEO selanjutnya ada pada menu setting ini tidak memiliki banyak pengaruh maka bisa Anda biarkan default saja.

Redirections

Pada menu setting redirections maka Anda bisa setting redirect otomatis tang ada pada website Anda.

Fallback Behavior

Ketika redirect dengan menggunakan rank math yang Anda buat url tujuannya tidak redirect. Atau hanya akan menampilkan halaman kosong atau bahkan error 404. Maka Anda bisa memilih untuk membuat redirect kemana nantinya, bisa diarahkan ke halaman 404.

  • Simak: Cara Mengoptimalkan Plugin Yoast SEO Terbaru

Atau juga bisa diarahkan ke halaman custom dengan cara memasukkan url yang Anda inginkan. Atau bahkan Anda juga bisa menggunakan settingan default dengan menggunakan homepage.

Auto Post Redirect

Apabila Anda ingin mengubah url pada konten Anda sepertu permalink, tag atau kategori maka secara otomatis rank math akan secara otomatis akan membuat redirectnya.

Nah, jika semuanya sudah selesai maka Anda bisa save setting rank math SEO ini dan semoga tutorial dari Dofollow.id kali ini dapat membantu. Selamat mencoba!

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp