Yoast SEO

Yoast SEO – Analisis konten dengan menggunakan plugin Yoast SEO di lakukan untuk membuat artikel Yoast SEO yang merupakan aspek penting pada saat menambahkan artikel ke dalam situs Anda.

Sederhananya cara ini bisa membuat konten Anda mudah di periksa dan di baca sebagai konten SEO Friendly. Ada beberapa langkah yang bisa Anda pelajari sebelum memutuskan untuk membuat artikel dengan penerapan Yoast SEO.

Analisis Readability

Analisis readability di gunakan untuk membantu menulis teks agar mudah di pahami ketika di baca, karena yang paling penting adalah membuat pembaca betah berada di situs Anda. Dan untuk membuat pembaca betah di situs Anda.

Tentunya Anda harus membuat konten yang menarik, relevan, informatif dan bersifat solutif.

Beberapa hal yang wajib Anda perhatikan untuk membuat artikel dengan analisis readability yang tepat antara lain : panjang kalimat dan paragraf, penggunaan heading dan subheading, urutan kalimat yang benar, penggunaan suara pasif hingga penggunaan kata transisi.

Analisis SEO

Agar mendapatkan hasil yang maksimal Anda juga wajib memperhatikan analisis SEO dengan memasukkan kata kunci atau fokus keyphrase. Lalu perhatikan juga penggunaan Judul Halaman, Paragraf Pengantar, Heading, URL, Meta description, konten artikel hingga Tag alt gambar.

Plugin akan menghitung jumlah kata yang di gunakan serta frekuensi dari kata kunci di dalam artikel yang Anda buat. Sehingga Anda wajib untuk memuat kata kunci beserta sinonimnya secara merata.

Untuk menulis artikel Yoast SEO dan memiliki kriteria yang di butuhkah oleh plugin Yoast sehingga memberikan warna centang hijau pada artikel Anda. Kama Anda harus mempelajari beberapa tips di bawah ini :

Cara Mengoptimalkan Posting dengan Plugin Yoast SEO

Yoast SEO

Ikuti cara-cara di bawah ini untuk mendapatkan artikel Yoast SEO yang sesuai dengan kriteria yang Anda butuhkan :

1. Memasukkan Focus Keyphrase

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan memasukkan focus keyphrase yang merupakan kata kunci atau keyword dari artikel yang ingin Anda posting pada kota meta Yoast SEO atau pada bagian sidebar.

Penggunaan Yoast SEO Premium sendiri sangat memungkinkan bagi Anda untuk membantu mengoptimalkan artikel agar lebih dari sekedar focus keyphrase dengan cara menambahkan sinonim dan juga frasa kunci yang terkait.

Sebab Yoast SEO Premium juga mampu digunakan untuk mengenai frasa unik bahkan dalam bentuk kata yang berbeda di dalam artikel yang Anda buat. Hal ini bertujuan untuk membuat artikel menjadi lebih mudah dibaca.

Serta membantu mesin pencari untuk memahami tujuan dan topik utama dari artikel Anda.

2. Menempatkan Teks Anda di Backend WordPress

WordPress sendiri memiliki mode penulisan yang bebas gangguan sehingga membuat Anda bisa menulis pada backend tanpa merasa terganggu oleh adanya toolbar, menu, category box dan lainnya.

Sehingga di sini Anda bisa menulis artikel secara langsung dan mengeditnya lalu mempostingnya. Atau Anda juga bisa menulis pada editor teks lalu menyalinnya untuk ditempelkan pada backend WordPress.

  • Cek : Kumpulan Blog yang Mengulas Informasi Website

Apabila And lebih memilih untuk menempelkan teks maka pastikan Anda juga memeriksa apakah judul dapat di terapkan dengan H1, H2 dan lainnya yang merupakan heading dan subheading dengan baik.

3. Memeriksa Skor Readability Anda

Pastikan Anda menulis artikel berkualitas dengan konten yang di sukai, menarik, asli dan terstruktur dengan baik. Selain itu Anda juga wajib untuk menggunakan pemeriksaan readability agar bisa memastikan teks Anda menjadi tersukai dan mudah di baca.

Untuk melihat skor readability Anda bisa lakukan dengan cara klik tab analisis readability lalu lihatlah hasilnya. Bullet merah menunjukkan Anda masih harus melakukan peningkatan pada konten Anda.

Lalu ada bullet orange yang menunjukkan jika konten Anda baik, dan hasil terbaiknya ada pada bullet hijau. Jadi pastikan Anda mendapatkan skor dengan bullet hijau ya.

4. Membuat Penyesuaian Readability

Pemeriksaan dari analisis readability dapat memberikan informasi pada Anda bagian mana yang bisa di tingkatkan pada konten Anda. Apabila Anda menulis kalimat yang terlalu panjang maka analisis akan memberikan saran untuk menulisnya ulang atau membagi kalimat.

Sehingga kalimat tidak terlalu panjang.

Apabila Anda memakai terlalu banyak passive voice maka Anda bisa mengulangi beberapa kalimat. Selain itu Anda juuga dapat menemukan semua penilaian readability serta instruksi Yoast SEO. Tentang cara untuk bisa memperoleh bullet hijau maupun skor yang tinggi.

Anda juga wajib untuk memperhatikan untuk memastikan keseluruhan bullet yang ada di bagian kanan atas serta yang ada di bawah postingan Anda untuk berubah menjadi warna hijau.

5. Mengoptimalkan Snippet

Untuk memeriksa dan melihat seperti apa halaman yang memuat artikel Anda pada hasil pencarian maka Anda bisa menggunakan snippet preview Yoast SEO. Caranya adalah dengan klik edit snippet.

Lalu di sini Anda bisa menyesuaikan judul SEO, URL hingga meta description untuk membuat hasil pencarian yang ada pada konten Anda menjadi lebih menarik. Hal ini pulalah yang akan membuat orang yakin untuk membuka konten Anda setelah melihat hasil pencarian.

6. Memeriksa Bullet SEO

Cek analisa SEO dan jangan lupa untuk memeriksa bullet SEO untuk mendapatkan artikel Yoast SEO yang baik. Tanda hijau sendiri adalah pertanda yang menunjukkan jika semua aspek SEO yang ada pada konten sudah bagus semuanya.

Jika tandanya masih orange maka hasil ini sudah terbilang baik namun masih Anda perbaiki agar hasilnya menjadi semakin baik dan mudah di baca. Sedangkan jika hasilnya warna merah, maka Anda wajib mengubah dan memperbaikinya lagi untuk meningkatkan strategi SEO.

7. Melakukan Penyesuaian SEO

Pemeriksaan yang di lakukan di dalam analisis SEO akan memperlihatkan bagian mana yang bisa Anda tingkatkan. Bagian bagian yang bisa Anda perhatikan antara lain seperti Judul, Sub Judul dan isi konten atau artikel Anda.

Apakah di dalam konten Anda menggunakan kata kunci sudah tepat dan tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit. Dan apakah kata kunci sudah di masukkan tanpa mengganggu struktur artikel sehingga artikel tetap mudah untuk dibaca.

Di dalam artikel yang Anda buat Anda juga wajib untuk menyertakan fokus penekanan kata kunci beberapa kali khususnya pada bagian pembuka atau paragraf pertama yang wajib di sisipkan kata kunci.

Untuk bisa mengoptimalkan dan melakukan penyesuaian hingga hasilnya semua bullet berwarna hijau maka Anda wajib memperhatikan semua aspek yang ada di dalam artikel agar konten Anda menjadi SEO Friendly.

8. Mengisi Data Sosial

Langkah ini bisa di bilang merupakan langkah terakhir yang bisa Anda lakukan untuk melakukan pengoptimalan pada plugin Yoast SEO. Yakni dengan menambahkan data sosial pada konten artikel Anda.

Artinya Anda bisa menginstruksikan saluran sosial media seperti Facebook, Instagram hingga Twitter dan melihat tampilan yang akan di tampilkan pada saat Anda berbagi halaman.

Selain itu Anda wajib menambahkan deskripsi sosial, judul hingga gambar dengan penggunaan Yoast SEO yang baik dan benar.

Kira-kira itulah beberapa cara dari Dofollow.id untuk membuat artikel Yoast SEO yang baik untuk situs yang Anda miliki. Silahkan ikuti semua langkah yang ada di atas untuk mengoptimalkan situs Anda dengan lebih baik, semoga berhasil.

Bagikan
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp